Senin, 02 Maret 2009

orang takwa suka berbuat kebajikan


_______________

* (133) Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.
* (134) (yaitu) orang-orang yang menafkahakan (hartanya), baik di waktu lapang maupun di waktu sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. [Q. S. Ali Imran]

Seorang muslim tidak akan mau mengerjakan perbuatan yang dilarang Allah, tetapi kadang-kadang karena kuatnya godaan dan tipu daya setan dia terjerumus juga ke dalam jurang maksiat, kemudian dia sadar akan kesalahannya dan menyesal atas perbuatan itu lalu bertaubat dan mohon ampun kepada Allah, maka Allah akan mengampuni dosanya itu, dan nanti di akhirat akan dimasukkan kesurga yang amat luas sebagai balasan atas amal yang telah dikerjakannya di dunia, surga yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa kepada Beliau.

Yaitu, pertama: Orang yang selalu menafkahkan hartanya baik dalam keadaan berkecukupan maupun dalam keadaan kesempitan/miskin.
* hendaklah orang yang mamapu memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang disempitkan rezkinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya; Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allahkelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan. [Q.S.65 :7]
Sifat kikir yang tertanam dalam hati manusia hendaklah diberantas dengan segala macam cara dan usaha, karena sifat ini adalah musuh masyarakat nomor satu. Tak ada satu umatpun yang dapat maju dan hidup berbahagia kalau sifat kikir ini merajalela pada umat itu. Sifat kikir bertentangan dengan peri kemanusiaan.
Oleh sebab itu Allah memerintahkan bernafkah dan menjelaskan bahwa harta yang ditunaikan zakatnya dan didermakan sebagiannya, tidak akan berkurang, bahkan akan bertambah.

kedua : Orang-orang yang menahan amarahnya. Biasanya orang yang sedang marah tidak dapat mengendalikan diri dan fikirannya dan melakukan hal-hal yang kejam dan jahat. Bila ia telah reda marahnya dan telah menguasai dirinya, barulah ia dapat melakukan tindakan yang adil sebagai balasan perlakuan orang terhadap dirinya. Allah menjelaskan bahwa menahan amarah itu suatu jalan ke arah takwa. Orang yang beanr bertakwa pasti akan dapat menguasai dirinya di waktu seang marah.
Nabi Muhammadf saw bersabda: "Orang-orang kuat itu bukanlah yang dapat membanting lawannya, tetapi orang yang benar-benar kuat ialah orang yang dapat menahan marahnya",
Firman Allah : *. Dan apabila mereka marah, mereka memberi maaf. [Q.S. 42 (Asy Syura) :17]

ketiga : Orang yang memaafkan kesalahan orang lain. Memaafkan kesalahan orang lain sedang kita sanggup membalasnya dengan yang setimpal adalah suatu sifat yang baik yang harus dimiliki oleh setiap muslim yang bertakwa.
Membalas kejahatan dengan maaf dan sesudah itu diiringi dengan perbuatan yang baik, maka yang melakukan kejahatan itu akan sadar, bahwa dia telah melakukan perbuatan yang sangat buruk dan tidak adil terhadap orang bersih hatinya dan suka berbuat baik. Dengan demikian dia tidak akan melakukannya lagi dan tertutuplah pintu kejahatan itu.

keempat : Orang-orang yang berbuat baik. Berbuat baik termasuk orang yang bertakwa, maka di samping memaafkan kesalahan orang lain hendaklah memaafkan itu diiringi dengan berbuat baik kepada orang yang melakukan kesalahan.

cuplikan dari Al Qur-an dan Tafsirnya, Universitas Islam Indonesia

*****************************************